Jadikan Hidup Lebih Hidup

Bacaan:
Ayub 19 :23–27a; Mazmur 17: 1 – 9; 2 Tesalonika 2:1 – 5; Lukas 20:27 – 38

Kunci Keberhasilan kita adalah Semangat, dengan semangat kita akan dapat menjalani dan mengisi kehidupan ini dengan baik. Segala sesuatu yang didasari dan dilakukan dengan semangat maka hasilnyapun akan sangat memuaskan, dalam melakukan pekerjaan atau dalam melaksanakan tugas kita sehari-hari yang kita dasari dengan semangat maka semuanya akan terasa mudah untuk kita jalani dan akan mendatangkan berkat bagi kita.

Dalam bacaan pertama dikisahkan bahwa Ayub adalah orang yang saleh dan jujur, Ia adalah sosok orang yang takut akan Tuhan dan mentaati segala perintahnya, juga orang yang terkaya di daerahnya. Di dalam menjalani kehidupannya Ayub sangat bersemangat untuk memuliakan nama Tuhan, yang selalu terpancar dalam kehidupannya maka tidak heran kalau ia hidup sangat dekat dengan Tuhan, dan berkat Tuhan selalu mengalir dalam kehidupannya, tapi semuanya berubah ketika cobaan datang menghampiri kehidupan Ayub. Dirinya terkena penyakit, semua yang dimilikinya lenyap bahkan orang-orang terdekatnya meninggalkan dia, semangat hidup dan semangat memuliakan Tuhan dipadamkan oleh iblis, Ayub sempat mengeluhkan penderitaan yang membuatnya dijahui banyak orang, tapi ia tetap meyakini bahwa Allah akan menolong dan membelanya, sekalipun tubuhnya akan mati dan rusah di tanah, dengan terus memandang Allah sebagai penolongnya, maka Ayub tetap memiliki semangat menjalani kehidupannya dalam penderitaan, dan akhirnya kehidupan dipulihkan oleh Tuhan, di kisah Daud pun hampir sama dengan Ayub, semangat hidup dan memuliakan Nama Tuhan, terkikis adanya tekanan dari musuhmusuhnya yang menuduh bahwa ia telah melakukan kesalahan dan kejahatan, dalam kondisi yang tertekan Daud berseru memohon keadilan Allah, ia yakin bahwa Allah akan membelanya karena ia merasa bukan sebagai pihak yang bersalah, di dalam naungan sayap Tuhan maka Daud akan mendapatkan perlindungan.

Dalam bacaan kedua banyak jemaat di Tesalonika yang gelisah, kuatir dan tidak damai sejahtera dikarenakan adanya ajaran-ajaran dari guru-guru palsu yang masuk ketengah-tengah jemaat, Paulus mengingatkan kepada jemaat bahwa, hari Tuhan akan diawali dengan kemurtadan besar yang dipimpin oleh anti Kristus dan juga akan ada tanda-tanda lain yang mengawalinya, jemaat Tesalonika diajak terus memandang Yesus dalam kehidupan mereka, serta percaya bahwa Yesus adalah Juru selamat yang akan memberikan keselamatan yang sempurna dalam kehidupan mereka, sebab mereka telah dipilih untuk diselamatkan didalam Kristus Yesus, dengan terus memandang Yesus dan percaya kepadaNya, maka jemaat akan memiliki semangat baru dalam menjalani kehidupan ini. Hidup ini akan terasa lebih hidup jika ada semangat yang terus menyala dalam kehidupan kita, jangan sampai semangat kita dipadamkan oleh iblis yang terus berusaha untuk menjerumuskan kita dan menghancurkan kehidupan kita.

Dengan terus memandang Kristus sebagai Juru Selamat dan yakin bahwa dengan sayap-Nya akan melindungi kita menghadapi apapun juga yang menimpa hidup kita, maka akan ada semangat yang terus menyala dalam kehidupan kita, serta berusahalah agar si iblis tidak akan berhasil memperdaya kita. Terus semangat dan “JADIKAN HIDUP LEBIH HIDUP”. Amin.

Kategori