Renungan Adven

Minggu ini umat Kristen memasuki masa Adven yang akan diperingati selama empat Minggu, dan ini adalah Minggu pertama. Ia merupakan permulaan kalender gerejawi, dan bagian dari masa raya Natal. Ia akan berakhir pada hari Minggu, 20 Desember.

Adven adalah masa menantikan kedatangan Tuhan yang kedua kali dan mempersiapkan perayaan Natal. Jadi, Gereja melakukan dua kegiatan utama dalam masa Adven, yaitu: pertama, menyongsong kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang kedua kali dengan gembira. Hal tersebut dilakukan selama dua minggu berturut-turut, yaitu Minggu Adven pertama dan kedua. Kedua, mengenang kelahiran Tuhan Yesus yang dilakukan pada Minggu ketiga dan keempat.
Adven berbeda dengan perayaan Natal. Ia merupakan tahap awal dari masa Raya Natal, sementara perayaan Natal merupakan tahap lanjutannya. Akan tetapi, kejadian nyata yang dapat dilihat adalah bahwa ada gereja yang merayakan Natal pada Minggu-Minggu Adven, masa persiapan. Apakah tindakan tersebut sesuai dengan masanya? Ada keluarga yang mempersiapkan perkawinan anaknya. Banyak hal dapat dilakukan dalam masa itu. Akan tetapi, dapatkah waktu persiapan diisi dengan perayaan pernikahan?
Dalam waktu-waktu ini dunia dihebohkan oleh persoalan hari kiamat yang diisukan akan terjadi pada tahun 2012. Banyak orang dari berbagai golongan umur menjadi cemas, takut dan khawatir karenanya. Dari antara mereka, ada juga yang mengaku percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Keadaan semakin heboh pada saat film 2012 yang bercerita tentang akhir zaman mulai ditayangkan diseluruh dunia, termasuk Indonesia.
Kiamat adalah istilah dalam bahasa Arab. Salah satu pengertiannya adalah akhir zaman. Di dalam Alkitab tidak dijumpai istilah ini. Tetapi Alkitab banyak berbicara mengenai akhir zaman. Dalam pemahaman Kristiani, akhir zaman dikaitkan dengan kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang kedua kali. Hal tersebut memang sudah dinubuatkan dalam kitab-kitab Perjanjian Baru. Dengan demikian dapat dilihat adanya kaitan antara isu kiamat dengan masa Adven.
Di depan telah dikatakan bahwa, salah satu kegiatan orang-orang Kristen dalam masa Adven adalah menantikan kedatangan Kristus dengan sukacita. Mengapa? Karena maksud kedatangan-Nya yang utama adalah untuk menyempurnakan keselamatan yang telah diterima oleh Gereja, bukan menghukum. Lalu, mengapa ada yang ketakutan, kecemasan dan kekhawatiran yang menghantui sebagian orang Kristen karena isu kiamat tahun 2012? Apakah hal tersebut dikarenakan kurangnya persiapan dalam menantikan kedatangan Kristus, seperti wanita gadis-gadis bodoh diceritakan dalam perumpamaan sepuluh gadis yang menyongsong mempelai laki-laki (Matius 25:1-13)? Kiranya, dalam masa Adven ini gereja dapat mengalahkan ketakutan, kecemasan dan kekhawatiran dalam menyongsong kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang kedua kali dan menggantinya dengan sukacita penuh. Amin.

Add new comment