Ibadah Minggu, 6 Juli 2014 “Menjadi Rekan Sekerja Allah”

Ibadah Minggu hari ini (6/7) jam 18.00 dilayani oleh Pendeta Fritz Yohanes Dae Pany, S.Si dengan kotbah yang didasarkan dari Kejadian 24: 34 – 61 yang mengisahkan tentang hamba Abraham yang berjuang menemukan isteri bagi anak Abraham. Mengawali kotbahnya, pendeta Fritz menyatakan bahwa Tuhan tidak pernah berhenti bekerja, dulu Ia mencipta dan sekarang Ia memelihara. Di sisi lain, Tuhan mengundang kita menjadi rekan sekerjaNya. Yohanes 14 menyatakan pekerjaan besar yang dilakukan Tuhan Yesus. Ada banyak pekerjaan yang harus kita kerjakan, yang telah Tuhan percayakan kepada kita. Mungkinkah kita mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang telah dipercayakan Tuhan kepada kita?

Di GKJ Manahan masih ada banyak pekerjaan untuk dilakukan, salah satunya dalam bidang Pembinaan Warga Gereja. Yang dirindukan adalah pendidikan iman Kristen di GKJ Manahan sejak usia dini sampai usia lanjut jemaat, diharapkan mampu menyiapkan pekerja-pekerja Kristus yang menjangkau dunia ini.

Bagaimana sebagai bangsa Indonesia? Melalui debat Calon Presiden dan Wakil Presiden dalam Pemilihan Umum tahun ini, dinyatakan bahwa kita membutuhkan pekerja-pekerja yang memiliki etos kerja yang baik untuk menyelesaikan pembangunan-pembangunan negara Indonesia ini.

Kejadian 24 kita belajar tentang bagaimana pekerjaan bisa berhasil. Paling tidak kita bisa melihat ada dua komponen yang mempengaruhi, yaitu etos kerja dan campur tangan Tuhan.

 

Etos Kerja

Dalam hal etos kerja, kita bisa melihat bagaimana hamba Abraham mendapatkan mandat dari tuannya untuk mencarikan isteri bagi anak Abraham. Hamba ini sampai bersumpah akan melakukan pekerjaan yang telah dipercayakan Abraham kepadanya. 

Hamba ini mau menerima pekerjaan, menerima kepercayaan yang diberikan tuannya. Dia adalah hamba yang bertanggung jawab, ia memiliki etos kerja yang baik, yang mau menerima dan mau dipercaya dan kemudian ditunjukkan dalam kisahnya bahwa ia melakukan perjalanan yang jauh dari tanah Kanaan menuju Ur-Kasdim. 

Etos kerja yang baik harus kita lakukan di semua bidang hidup kita, baik dalam pekerjaan keseharian maupun dalam pelayanan.

 

Campur Tangan Tuhan

Tuhan selalu menyertai kita sebagaimana Ia menyertai dan membuat berhasil pekerjaan yang dilakukan oleh hamba Abraham. Di satu sisi, etos kerja kita harus baik dan di sisi lain, segala pekerjaan ini kita sandarkan pada Tuhan supaya Ia memberkati dan menolong kita mencapai hasil yang baik yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

Selamat bekerja, selamat menunjukkan etos kerja yang baik yang sesuai dengan kehendak Tuhan untuk menuju keberhasilan dalam hidup kita.