Artikel

Artikel GKJ Manahan

UPGRADING TIM MULTIMEDIA 2017

Sebagai wujud pembekalan pelayan-pelayan Tim Multimedia, Tim Multimedia GKJ Manahan mengadakan pembekalan bertajuk UPGRADING TIM MULTIMEDIA.
Tim Multimedia merupakan bagian dari Bidang Ibadah dibawah Komisi Liturgi, yang terdiri dari Tim LCD, Pelayan TFC (Tim Foto Ceria), Tim Video serta Tim Website.
Kegiatan Upgrading dilaksanakan di Wisma Pondok Asri 1 Tawangmangu pada tanggal 31 Agustus - 01September 2017.

GKJ Manahan Hari Anak Nasional

Kotbah terkait dengan Hari anak nasional yg mengingatkan jemaat utk peduli kepada anak dan menciptakan ruang yang aman dan sehat. Kepedulian kepada anak itu penting karena anak adalah kelompok yg rentan didalam komunitas masyarakat. Mereka tidak bisa membela dirinya sendiri di tengah berbagai ancaman dan tantangan.

Riyaya Undhuh-Undhuh GKJW Mojowarno "Syukur Bukan Sekedar Ucapan"

Jemaat Blok VII dan Blok XI GKJ Manahan Surakarta beserta beberapa gereja lain hari ini, Minggu (12/05) turut memeriahkan Riyaya Undhuh-Undhuh GKJW Jemaat Mojowarno. Sejak pagi pukul 06.00 WIB persiapan ibadah sudah dilaksanakan, mulai dari perarakan persembahan dari jemaat-jemaat blok diantaranya Mojodukuh, Mojowangi, Pepanthan Mojotengah, Mojowarno, Mojojejer, Mojoroto dan Rumah Sakit Kristen Mojowarno. Perarakan yang disebut pawai bangunan ini unik, sebab persembahan-persembahan yang diarak ini ditaruh dalam kereta serta hiasan patung yang menggambarkan cerita Kitab Suci.

Puasa dalam Tradisi Kekristenan

Dalam tradisi iman, puasa sudah dilakukan sejak pada jaman leluhur (baca: Perjanjian Lama). Dimana tujuan tradisi puasa nampak dalam prakteknya, di antaranya memperlihatkan atau menggambarkan bahwa secara lahiriah seseorang berduka, I Sam 31:13; Neh 1 :4. Menyatakan bahwa seseorang betobat, I Raja 21:27; Dan 9:3-4. Termasuk berpuasa dalam rangka memohon bimbingan dan pertolongan Tuhan, Kel 34 : 28 ; Ul 9:9.

”Memberitakan Kabar Baik bagi Bangsa”

Pengantar
Tak terasa waktu bergulir begitu cepat. Hari ini kita kembali memasuki masa Adven, masa penantian akan kedatangan Tuhan Yesus berangkat dari hal itu, maka dalam menyongsong dan merayakan natal, kita mesti mempersiapkan diri, lalu bagaimana? Dalam bagian tulisan ini, kami menyiapkan tips untuk menyongsong dan merayakan natal dengan demikian natal memberi makna bagi kita.

Puasa: Memberlakukan Kasih dan Keadilan

Tujuan:
Jemaat menghayati makna Puasa dengan cara melakukan karya Allah yang membebaskan, sehingga mereka terdorong untuk memberlakukan kasih dan keadilan.

I. PENDAHULUAN

Tradisi PUASA sudah lama menghilang dari kehidupan komunitas Gereja-gereja Kristen Jawa. Maka tak perlu heran, manakala tradisi ini hendak dihidupkan kembali (dimulai sekitar 1998) sebagai suatu disiplin rohani yang mendukung pembinaan spiritualitas Kristen, lalu banyak warga gereja yang kaget. "Lho… kok kita tiru-tiru agama lain", ungkap seorang warga. "Ya, buat apa kita berpuasa, kan Tuhan Yesus sudah berpuasa untuk kita" tambah seorang aktivis di sebuah gereja. Sungguh pun demikian, Puasa tetap dianjurkan untuk dilakukan di GKJ, antara lain melalui berbagai kegiatan yang dimotori oleh LPP Sinode (Lembaga Pengaderan dan Pembinaan Sinode) GKJ dan GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah. Puasa yang dianjurkan adalah Puasa menjelang Paskah dalam kegiatan MPDK (Masa Penghayatan Dasar Kekristenan).